Jumat, 10 Februari 2012

Remaja.. Oh.. Remaja..


By Rezarion Ardiansyah on  Saturday,  12 August 2009 at 20:04


Assalamu'alaykum Wr. Wb;

Masa remaja penuh liku – liku kehidupan. Kehidupan remaja diwarnai kesenangan dan semua hal – hal yang memanjakan. Pada masa remaja pula seseorang berusaha mencari jati dirinya, seperti apa pilihan hidupnya, cara pandang menghadapi kehidupan dan masa depannya yang bagaimana yang sesuai dengan kepribadiannya. Remaja adalah usia di mana pada masa itu, akan banyak menyimpan kenangan. Masa – masa inilah, remaja dituntut untuk lebih hati – hati dalam memilih suatu bentuk pergaulan di masyarakat, karena di usia remajalah seseorang sangat mudah terpengaruh.

Remaja dalam berpakaian
Sebagai seorang remaja, pasti mempunyai keinginan untuk terus mengikuti trend. Dan itu yang sekarang banyak dilakukan oleh para remaja kita. Dalam berpakaian misalnya, yang notabene remaja muslimah masih cenderung mengikuti mode, trend yang sedang inn. Meski terkadang, itu tidak sesuai dengan aturan agama. Perbuatan itu mereka lakukan dengan alasan yang berbeda – beda, ada yang memang suka, tetapi ada yang hanya takut dikatakan kuno atau ketinggalan jaman alias ngga’ gaul. Akan tetapi tidak semua remaja muslimah seperti itu, masih banyak juga yang berpakaian sesuai dengan syar’i.

Remaja dalam belajar
Usia remaja masih tergolong usia sekolah, artinya remaja mempunyai kewajiban untuk belajar, bias dibilang diwajibkan mempersiapkan materi pelajaran untuk esok hari. Seorang remaja mempunyai cara yang beragam dalam menanggapi belajar, ada yang secara rutin belajar, ada yang belajarnya hanya dengan latihan soal – soal, ada pula yang belajar SKS (Sistem Kebut Semalam). Remaja dengan model belajar yang pertama dan kedua akan tampak lebih santai, lebih tenang setiap menghadapi ulangan / tes. Karena dengan belajar secara rutin, mereka hanya sekedar mengulang materi ulangan / tes. Sedang yang belajar dengan latihan soal, mereka hanya akan menambah materi yang belum tercakup dalam soal yang telah mereka pelajari. Namun remaja yang menerapkan model belajar ketiga, mereka akan susah, kacau dalam menghadapi tes / ulangan, karena kurang siap. Dengan model SKS, mereka harus mempersiapkan materi dan belajar dalam waktu yang relative sangat singkat, sehingga mereka kurang bahkan tidak paham dengan apa yang dipelajari. Akibat dari perbuatan itu, maka hasil tes / ulangan tidak akan memuaskan.

Remaja dalam cara berpikir
Di zaman yang semakin maju, seperti sekarang ini, remaja banyak dituntut bisa menghadapi berbagai permasalahan yang semakin rumit dan diharapkan bisa juga menyelesaikan dengan baik. Dalam menyelesaikan permasalahannya tersebut, remaja dituntut untuk mampu berpikir jernih. Namun, kebanyakan remaja sekarang dalam berpikir, hanyak sebatas angan saja. Angan mereka cenderung pada hal – hal yang menyenangkan.
Dalam tindakan, remaja masih berpijak pada emosi dan tidak berpikir jernih, akibat apa yang ditimbulkan oleh suatu perbuatan yang telah dilakukannya. Tapi tidak sedikit pula remaja yang bisa berpikir jernih dalam menyelesaikan masalah, maupun bertindak. Pendidikan pun sangat mempengaruhi cara berpikir seseorang.

Solusi untuk remaja
Remaja yang berpendidikan akan berpikir lebih maju, bila dibandingkan remaja yang kurang berpendidikan. Demikian juga latar belakang keluarga, harmonis atau kurang harmonisnya suatu keluarga akan berpengaruh pada kejiwaan emosi remaja yang berakibat pada cara berpikir remaja.

Dari uraian di atas, orang tua mempunyai peranan yang sangat besar. Demikian juga dengan para pendidik. Menghadapi remaja sekarang lebih susah sehingga diperlukan solusi yang terbaik, yakni dipahamkannya seorang remaja pada ajaran agama. Dengan paham ajaran agama, diharapkan akan lebih bisa menyaring baik atau tidaknya untuk mereka sehingga mengurangi resiko yang tidak diinginkan.

So, buat siswa – siswi SMAGA tentunya, jangan langsung tertarik sama hal – hal yang masih asing ! Sebelumnya, kamu harus pertimbangkan juga baik dan buruknya … Nasehat orang tua pun harus kamu patuhi, sehingga g’ terjadi hal – hal yang tidak kamu inginkan … OK !!
 
Wassalamu'alaykum Wr. Wb.


By : Reza Ardiansyah
31 / XII IPA 4



0 komentar:

Posting Komentar

Blogger yg baik selalu meninggalkan jejak..
Komentar maksudnya -___-