Kamis, 02 Februari 2012

Memilih Jurusan Perguruan Tinggi


by Rezarion Ardiansyah on Wednesday, 23 March 2011 at 21:40


Assalamu'alaykum Wr. Wb;

Memilih program studi bukanlah perkara sepele. Kalian nggak bisa menyamakannya dengan memilih model pakaian. Memilih program studi sama dengan memilih pintu masuk ke masa depan. Jadi, jelas kudu teliti, cermat, dan penuh perhitungan!

Banyak orang yang gagal meraih masa depannya akibat ulahnya yang serampangan saat memilih program studi. Dari yang kecewa tersebut, ada yang menyikapi dengan bertingkah sok kritis di kampus sehingga kelihatan over acting di mata dosen dan teman-temannya. Ada juga yang malahan jadi kelewat sibuk melakukan aktivitas-aktivitas yang menurut mereka dapat mengganti kekecewaan akibat kekeliruan mereka. Yang fatal, banyak diantara mereka yang membengkalaikan perkuliahannya atau hanya sekedar coba-coba, yang akhirnya berujung pindah jurusan, bahkan drop out dari kampusnya.

Sebagai pertimbangan memilih, kalian perlu memerhatikan kecenderungan dunia kerja di masa depan. Alangkah baiknya jika saat memilih jurusan juga dirundingkan dengan orang tua (termasuk restu orang tua), lebih afdol lagi jika konsultasi dengan ahli dalam bidangnya, sehingga kalian dapat paham bidang yang akan kalian geluti kelak.

Banyak program studi dan perguruan tinggi itu sering membuat para lulusan SMA bingung hendak melangkahkan kaki ke mana. Karena bingung, banyak yang kemudian menjatuhkan pilihan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan keliru.

Jangan memilih jurusan  karena alasan :
  1. Ikut-ikutan teman.
  2. Mengikuti desakan orang tua/keluarga.
  3. Ingin mendapatkan gengsi masuk fakultas tertentu.
Yang benar (Insya’ Allah) berdasarkan pertimbangan :
  1. Berdasarkan minat dan bakat
  2. Menyelaraskan dengan kemampuan intelektual.
  3. Menyesuaikan dengan kemampuan finansial.
Minat yang tinggi adalah modal sukses yang sangat kuat. Apalagi, minat yang tinggi tersebut disokong dengan bakat yang besar. Kombinasi dua hal tersebut akan membuka lebar-lebar jalan menuju kesuksesan, sebab potensi kalian akan berkembang dengan optimal.

So, jangan sampai salah pilih jurusan ya kawan.
Semoga pilihan kalian sudah tepat, dan pastinya pilihan kalian diridhoi Allah SWT... Amin

Suksez buat kalian semua !!!
Semangad !!!

Wassalamu'alaykum Wr. Wb.



0 komentar:

Posting Komentar

Blogger yg baik selalu meninggalkan jejak..
Komentar maksudnya -___-