Rabu, 15 Februari 2012

Apalah Arti Sebuah Angka?


Assalamu'alaykum Wr. Wb;

Awalnya nulis artikel ini sih karena pingin nulis sebagai refleksi nilai IP pertama. Namun, karena ntar disangka gimana-gimana, terus gak jadi nulis deh. Terus tiba-tiba pingin ngompakin ama temen nulis artikel ini dengan judul yang sama. Lagipula ini juga sebagai peringatan wat aku dan sebagai penyemangat aku.

Hmm.. Angka. Pasti tau donk yang namanya angka. Tapi kali ini kita (loe aja kali) bukan bahas arti angka itu sendiri secara spesifik. Gue mau bahas Angka yang diwujudkan dalam sebuah nilai.

Dari SD sampe sekarang kalo nilai sih sebenernya berarti buat gue, termasuk ranking juga. Secara dimana-mana yang ditanyain nilai, dibangga-banggain nilai, sebagai tolak ukur kepintaran seseorang. Yaa.. menurut banyak orang sih gitu setau gue.

Semester 1 kuliahku pun telah usai. Waktu itu udah mulai libur dan mulai nunggu nilai keluar dari tiap mata kuliah (matkul). Perasaanku sih biasa-biasa aja, karena kayaknya tidak ada kendala dalam ngerjaen semua UTS maupun UAS smt 1. Setelah semua nilai keluar... ternyata... ada nilai yg B. Sempet kaget dan sedih waktu liad (alay).

Lama-kelamaan gue merenung, berpikir dan berpikir. Akhirnya gue dapet wangsit dapet titik terang. Gue teringat kembali, ternyata nilai itu tak selamanya diagung-agungkan. Apapun hasil akhir yang didapat gue harus tetap bersyukur. Gue udah berusaha semampu gue. Masalah hasil kan ada di tangan Allah. So, gue harus tetap tersenyum dan bersyukur.

Ada beberapa ayat al-qur'an yang mengingatkan gue arti pentingnya bersyukur, diantaranya :

Hai orang-orang yang beriman! Makanlah di antara rezeki yang baik yang kami berikan kepadamu. Dan bersyukurlah kepada Allah jika memang hanya dia saja yang kamu sembah. (Al-Baqarah: 172)


Dan ingat pulalah ketika Tuhanmu memberikan pernyataan: "Jika kamu bersyukur pasti Kutambah nikmatKu kepadamu; sebaliknya jika kamu mengingkari nikmat itu, tentu siksaanku lebih dahsyat. (Ibrahim: 7)

Temen gue waktu itu juga ada yang share link video tentang "IP hanya mengantar seseorang sampai job interview saja". Ini linknya www.youtube.com/watch?desktop_uri=%2Fwatch%3Fv%3D2RAkqIa8b9g%26feature%3Dshare&feature=share&v=2RAkqIa8b9g&gl=US

Ada pula temen gue yang bilang :
"memang sudah takdir manusia tak bisa dalam segala hal. jangan pernah rakus untuk mengambil semua hal yang kau anggap bisa. ketahuilah, ketika kau berhasil mengambil suatu hal maka suatu hal yang lain akan menjadi korbannya. ambillah satu bidang, dan jadilah master di sana!"

Nah, itu gue bingung, kan gue Informatika. Otomatis halnya juga Informatika, jadi kalo ada nilai yang B masih bisa dibilang master gak ya? (nah bingung gak loe).

Udah-udah yang penting bersyukur. Jadikan itu sebuah pelajaran. Nilai kan cuman sebagai simbol belaka, cuman pandangan subyektif orang. Yang penting kan ntar sofskillnya, ama pengalaman kita. Semoga ke depan bisa lebih baek lagi. Gak ada salahnya kalo orang itu belajar. Toh, juga memberi manfaat. Allah juga Maha Adil. Pasti tau hamba-Nya mana yang berusaha keras mana yang asal menyontek.

So.. Tetap Semangad ya.. !!

Wassalamu'alaykum Wr. Wb.



2 komentar:

  1. wahhh!!! itu kata-kata gue!!! wkakak..
    serasa "mario teguh" kata-katanya ditempel dimana-mana.
    hahah.. kasih nama dong "By Vhiefa" gitu.
    biar kalo orang mau ngadain acara motivasi2 kayak mario teguh bisa ngehubungi gue. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hwkwkwk.. nongol jg org yg nulis..
      iya deh, ntar q tulis (Vhiefa, 2012: 3)..
      wkwkw..

      Hapus

Blogger yg baik selalu meninggalkan jejak..
Komentar maksudnya -___-